Tanda-Tanda Adanya Rayap di Rumah

Mengenali tanda – tanda kemunculan rayap di rumah merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui. Keberadaan dari rayap tersebut memang terkadang cukup sulit untuk dideteksi, tapi terdapat gejalanya masih bisa Anda lihat.

Sementara pada pembahasan kali ini akan diulas mengenai apa saja tanda – tanda adanya rayap yang menyerang rumah Anda supaya bisa cepat diatasi dan ditangani oleh jasa anti rayap. Bagi anda yang penasaran, maka di bawah ini dapat anda simak ulasannya !

Apa Saja Tanda – Tanda Adanya Rayap di Rumah ?

 

  1. Pintu dan Jendela Sulit Dibuka

Tanda – tanda yang pertama yaitu jendela dan pintu rumah susah untuk dibuka. Rayap dalah salah satu jenis hewan yang menghasilkan kotoran yang menyerupai lumpur. Selain itu rayap juga akan membuat udara serta kelembaban tersimpan di dalam kayu.

Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan kayu berada dalam kondisi bengkak. Hal itu pada akhirnya membuat pintu dan jendela rumah Anda jadi susah untuk digunakan.

  1. Terdapat Kotoran Rayap

Tanda – tanda lain yang bisa Anda lihat disini yaitu Anda akan menemukan adanya kotoran rayap. Kotoran rayap itu sendiri mempunyai ciri yang berwarna coklat dan bentuknya yang menyerupai pasir.

Biasanya kotoran rayap ini bisa ditemukan di area kusen jendela, pintu ataupun furniture rumah Anda yang dibuat dari bahan kayu.

  1. Terdapat Tabung Lumpur

Tabung lumpur tersebut merupakan sebuah terowongan yang diciptakan oleh koloni rayap untuk akses keluar masuk. Tabung lumpur ini biasanya sulit untuk dideteksi oleh karena terletak di bawah tanah.

Namun terkadang Anda pun juga dapat melihat adanya tabung tersebut di area pondasi bata rumah. Dan tak jarang juga muncul di bagian kusen pintu dan jendela.

  1. Kusen Retak

Tanda – tanda yang terakhir yaitu kusen pintu atau jendela mengalami retak. Hal tersebut wajar saja struktur kayu akan hilang ketika rayap sudah mulai menyerang. Ini adalah salah satu ciri munculnya rayap, karena itu Anda harus segera mengatasi hal tersebut.

Itulah tadi yang dapat kami paparkan sedikit informasi mengenai tanda – tanda adanya rayap dirumah, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.