Mengenal 3 Jenis Sparepart Mobil Populer dan Fungsinya

Berbicara soal suku cadang atau spare part mobil, tentunya jumlahnya ada banyak sekali. Apalagi jika Anda langsung pergi ke dealer toyota, akan ada banyak sekali suku cadang di sana yang bisa memenuhi kebutuhan mobil.

Inilah 3 Jenis Sparepart Mobil Populer dan Fungsinya

Setiap bagian sparepart atau komponen suku cadang pada mobil tentunya memiliki fungsinya masing masing. Semua bekerja sesuai dengan kapasitasnya dalam mengelola kendaraan sehingga performa mobil terus dalam kondisi terbaik. Berikut adalah 3 jenis sparepart mobil populer dan fungsinya.

  1. Filter Oli

Spare Part atau suku cadang mobil populer pertama adalah filter oli. Komponen atau suku cadang satu ini memiliki peran dan fungsi penting sebagai sistem pelumasan mobil. Tugas utamanya adalah menyaring kotoran dan partikel kecil yang bisa membuat keausan pada mesin kendaraan.

Ketika pergi ke dealer tentunya Anda akan sering melakukan aktivitas penggantian filter mobil. Komponen satu ini memang harus pemilik mobil ganti secara berkala agar tidak terjadi sirkulasi buruk pada kinerja oli mobil di mesin.

  1. Kampas Rem

Suku cadang selanjutnya yang juga populer adalah kampas rem. Baik mobil maupun motor kampas rem menjadi elemen paling sering orang ganti karena memang perannya sangat vital. Tugasnya adalah menghasilkan gaya gesekan agar mobil bisa berhenti.

Komponen atau spare part satu ini memang sering kali aus sehingga dapat mengurangi efektifitas sistem pengereman pada mobil. Secara umum, bahan utama dari rem sendiri adalah komposit atau logam. Karena hal inilah pemilik mobil harus sering menggantinya.

  1. Busi Mobil

Selanjutnya ada perangkat busi mobil yang sangat populer. Ketika Anda pergi ke dealer toyota jakarta untuk menerima layanan service rutin, tidak jarang para mekanik menanyakan kondisi busi pada kendaraan roda empat ini.

Komponen satu ini punya peran penting untuk melakukan pembakaran campuran dari bahan bakar serta udara. Tentu saja fungsinya untuk menghasilkan percikan listrik sehingga performa mesin terus dalam kondisi terbaik.

Demikian informasi mengenai 3 jenis sparepart mobil populer dan fungsinya. Mengetahui informasi mengenai beberapa jenis sparepart mobil ini sangat penting sebelum Anda pergi ke dealer. Hal ini lantaran orang perlu melakukan pergantian rutin untuk beberapa jenis suku cadang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *