KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 60 63 64 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 1

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD halaman 59, 60, 63, dan 64. Buku Tematik Tema 9 untuk SD kelas 5 edisi revisi 2017 ini berjudul Benda Benda di Sekitar Kita. Subtema 2 dalam Buku Tematik ini berjudul Benda dalam Kegiatan Ekonomi.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 1 di halaman 59, 60, 63, dan 64. Kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 kelas 5 SD ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kamu pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah contoh iklan elektronik. Cantumkan naskah iklannya jika iklan yang kamu pilih iklan radio atau iklan televisi. Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya. Jika kamu memilih iklan internet, tempelkan iklan pada lembaran kertas. Selanjutnya, buat kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kamu buat. Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kamu buat.

Presentasikan hasil berlatihmu dalam mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai. Contoh Iklan Elektronik (Iklan Radio, Iklan Televisi, atau Iklan Internet) Merek : Yumi Mie

Media : Internet Waktu : 15 detik Iklan:

Iklan menawarkan produk makanan Kesimpulan Isi Iklan: Iklan tersebut menawarkan produk makanan mi instan dengan merk Yumi Mie. Mi instan ini dapat dinikmati saat sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman teman. Yumi Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani Yumi Mie.

Ayo Berkreasi Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik, salah satunya iklan televisi. Sekarang, pilihlah salah satu iklan di televisi yang menarik menurutmu. Tuangkan kembali benda yang diiklankan dalam televisi yang kamu anggap menarik dalam bentuk gambar iklan. Buat gambar semenarik mungkin pada kotak. Buatlah kesimpulan tentang materi berdasarkan uraian di atas. Buatlah kesimpulan dalam bentuk bagan tentang materi lengkap dengan jenis materi berdasarkan komponen penyusunnya beserta contohnya. Bentuk bagan seperti contoh berikut.

Materi Zat Tunggal Unsur: Besi, Emas, Oksigen, Nitrogen

Senyawa: Garam, Air, Gula Zat Campuran Homogen: Sirop, Oralit, Udara

Heterogen: Air + Kopi, Air + Tanah, Air + Minyak Kamu telah mengetahui adanya zat campuran homogen dan zat campuran heterogen. Apakah kamu sudah bisa menuliskan perbedaan antara campuran homogen dan campuran heterogen? Coba sekarang lakukan percobaan di bawah ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil percobaanmu tuliskan perbedaanperbedaan antara zat campuran homogen dan campuran heterogen. Lakukan percobaan secara kelompok. Satu kelompok minimal terdiri atas 6 anak. Bapak/Ibu Guru akan membantumu membagi kelompok dan mendampingimu melakukan percobaan. Setiap kelompok membuat dua percobaan. Untuk melakukan dua percobaan, anggota kelompok dibagi dua. Dua percobaan yang harus dilakukan setiap kelompok yaitu membuat larutan air gula dan air kopi. Adapun bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

Kamu bisa menuliskan laporan pada kolom berikut. Laporan Hasil Percobaan Anggota Kelompok : Anggota Kelompok Mawar

Percobaan yang dilakukan : Membedakan Campuran Homogen dan Heterogen Alat dan bahan percobaan : Gelas plastik transparan

Sendok plastik Air Gula putih

Kopi bubuk Hasil Percobaan Perbedaan antara Larutan Gula dan Larutan Kopi

A. Sifat larutan gula: Sifat larutan gula adalah tercampur sempurna B. Sifat larutan kopi: Sifat larutan kopi adalah tidak tercampur sempurna Kesimpulan: Larutan gula merupakan zat campuran homogen, sedangkan larutan kopi merupakan zat campuran heterogen.

Apa yang sudah kamu pahami dari pembelajaran di atas? Tuliskan dalam kolom. Zat campuran dan zat tunggal selalu kamu temui dalam kehidupan seharihari. Misalnya, air minum dan adonan masakan atau kue yang dibuat ibumu. Sekarang, coba kamu tanyakan cara ibu membuat makanan yang pernah disajikan buat keluargamu, misalnya adonan bakwan, kue, dan minuman. Tuliskan adonan bahan makanan yang ibu sampaikan. Tuliskan pula zat campuran adonan yang ibu buat. Tuliskan dalam buku tugas hasil tanya jawab kamu dengan ibumu. Kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.