Bentuk Perubahan Sosial Budaya Dilihat dari Waktu, Pengaruh, dan Perencanaan

Berikut adalah bentuk perubahan sosial budaya dilihat dari waktu, pengaruh, dan perencanaannya. Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan alat alat. Kingsley Davis dalam Soerjono Soekanto (2014) mengatakan perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan.

Perubahan dalam kebudayaan mencakup hal hal seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat. Menurutnya, perubahan sosial sebagai perubahan pada sistem sosial, struktur, dan fungsi masyarakat. Perubahan sosial misalnya perubahan perilaku remaja, perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, serta perubahan pada peran

Hal hal yang termasuk perubahan budaya di antaranya adalah perubahan pada alat transportasi, alat komunikasi, serta perubahan pada bidang budaya lainnya. Perubahan budaya dapat menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat atau bisa jadi dalam masyarakat terdapat perubahan sosial yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan budaya. Bentuk perubahan sosial budaya dibagi menjadi tiga, yakni dilihat dari waktu, pengaruh, dan perencanaannya.

Perubahan sosial yang terjadi mempunyai kecepatan atau waktu yang berbeda beda antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lain. Perubahan Sosial Lambat atau Evolusi Perubahan sosial lambat dikenal juga dengan evolusi.

Perubahan sosial lambat atau evolusi merupakan perubahan sosial yang memerlukan waktu lama dan diikuti oleh rentetan perubahan kecil yang terjadi secara lambat. Perubahan Sosial Cepat atau Revolusi Revolusi adalah perubahan sosial yang berlangsung dalam waktu yang cepat dan hal hal mendasar dalam masyarakat ikut mengalami perubahan.

Perubahan besar terjadi di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi. Perubahan yang Pengaruhnya Kecil Perubahan yang pengaruhnya kecil merupakan perubahan yang tidak membawa perubahan pada unsur struktur sosial masyarakat.

Perubahan yang pengaruhnya kecil artinya perubahan tersebut hanya dianut oleh sebagian kecil orang yang menyukainya saja sehingga perubahan ini tidak membawa pengaruh berarti bagi sebagian besar masyarakat. Perubahan yang Pengaruhnya Besar Perubahan yang pengaruhnya besar adalah perubahan yang membawa perubahan dalam sendi sendi kehidupan dalam suatu masyarakat.

Industrialisasi merupakan salah satu contoh dari bentuk perubahan ini. Industrialisasi membawa pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Industrialisasi merupakan proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem mata pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.

Perubahan yang Direncanakan/ Planned Change Perubahan yang direncanakan atau planned change merupakan perubahan yang memang diinginkan dan dikehendaki oleh masyarakat atau pihak yang menginginkan perubahan. Pembangunan dapat dikatakan sebagai contoh perubahan sosial yang dikehendaki dan direncanakan.

Salah satu contoh pembangunan yang dilakukan di Indonesia adalah pembangunan jalan. Perubahan yang Tidak Direncanakan/ Unplanned Change Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat.

Bencana alam seperti gunung meletus, gempa, banjir, dan sebagainya akan membawa perubahan bagi masyarakat yang mengalaminya. Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan terkadang terjadi sebagai akibat perubahan yang direncanakan. Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX Edisi Revisi 2018

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.