perkembangan kognitif anak

Teori Piaget Tentang Perkembangan Kognitif Anak

Untuk anda yang memiliki anak kecil, bagaimanapun anda harus memperhatikan perkembangan fisik dan juga kognitif pada anak.

Adapun, perkembangan kognitif sendiri adalah perkembangan yang berkaitan dengan proses mengingat, memecahkan masalah dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sang anak pada usia tertentu.

Berkaitan dengan perkembangan kognitif, ada beberapa teori tentang perkembangan kognitif anak ini. Diantaranya adalah teori piagiet.

Teori Perkembangan Kognitif Anak

Dalam teorinya, ia menjalasnya bahwa kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak anak mengalami perubahan seiring dengan masa pertumbuhan anak. Seorang anak harus berkembang dari sisi mental dan juga pengetahuan.

Adapun, ia membagi tahapan perkembangan kognitif anak menjadi beberapa bagian. Diantaranya adalah:

  1. Tahap Usia 18 sampai 24 bulan

Tahap usia 18 sampai 24 bulan disebut dengan tahap Sensorimotor. Dalam periode ini seorang bayi akan mengembangkan pemahaman berdasarkan hal hal yang berkaitan dengan penglihatan, pendengaran dan juga sentuhan.

  1. Tahap Usia 2-7 Tahun

Tahapan ini disebut tahap praoperasional, dalam tahapan ini anak akan berpikir menggunakan simbol simbol dalam dirinya. Anak akan berkembang melalui pengalaman dan juga adaptasi dalam kehidupannya.

  1. Tahap Usia 7 sampai 11 tahun

Pada usia diatas, perkembangan kognitif anak ada pada tahap operasional konkret. Dalam tahapan ini anak biasanya sudah mempunyai pemikiran yang rasional dan terorganisir. Ini adalah awal dari seorang anak berpikir secara logis.

  1. Tahap Usia 12 Tahun Ke Atas

Pada tahapan akhir, perkembangan kognitif akan disebut tahap operasional formal. Ia akan berlangsung ketika anak menginjak usia 12 tahun sampai ia tumbuh secara dewasa.

Pada tahap ini seorang anak akan mampu berpikir secara penuh dan melakukan kalkulasi ide yang ada di kepalanya. Ia akan menjadi pribadi yang penuh kreativitas, matematis, logis dan membayangkan sebuah goal dari tindakan yang akan dilakukannya.

So, itulah tadi 4 tahapan kognitif pada anak menurut teori piagiet. Masih banyak teori lain tentang perkembangan ini yang bisa anda baca dalam berbagai literatur lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.